Cukupkah Hanya Konsumsi Serat Instan?

Posted: October 9, 2013 in Makanan
Makanan Berserat

Makanan Berserat

Manusia membutuhkan sekitar 25-35 gram makanan berserat setiap hari. Namun kenyataan di lapangan konsumsi serat orang Jakarta hanya sekitar 8 hingga 9 gram saja. Sedangkan orang Yogyakarta sekitar 17 gram per hari. Hal ini dapat memicu sembelit, kolesterol dalam darah tinggi dan kelebihan berat badan, sebagian orang menggunakan serat instan untuk memenuhi kekurangan tersebut. Namun apa benar serat instan bisa menggantikan makanan berserat alami?
Selain kurang menyukai sayur-sayuran, mobilitas masyarakat perkotaan, terutama kaum pekerja membuat mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk bisa memilih makanan yang sehat dan berimbang tiap harinya. Jadi tidak heran bila banyak restoran cepat saji berjamuran khususnya di daerah perkotaan. Namun patut diingat restoran cepat saji jarang menghidangkan makanan kaya serat tinggi seperti dapur keluarga. Malah sebaliknya sebagian makanan yang mereka sajikan adalah makanan tinggi kolestrol dan lemak yang tidak sehat bagi tubuh.
Sebenarnya mengkonsumsi serat instan yang termasuk food supplement tersebut bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Bila konsumsi makanan atau minuman serat dirasa belum tercukupi untuk kebutuhan tubuh, maka anda bisa menambahkan serat instan. Namun, perlu anda perhatikan kembali bahwa penambahan serat instan tidak cukup untuk menambah kekurangan serat kita. Bila diakumulasi 3 bungkus serat instan sehari ternyata hanya menyumbang sekitar 7 hingga 8 gram serat saja dalam tubuh kita. Bagaimanapun serat alami jauh lebih sehat dan bebas dari bahan pengawet yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s